Foto saya
PERSATUAN AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM KESEHATAN INDONESIA KALIMANTAN SELATAN

Sabtu, 19 Februari 2011

OBJEK WISATA TERDEKAT DARI KOTA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN


Sebenarnya masih banyak objek wisata yang dapat anda kunjungi selama di Kalimantan Selatan, namun yang terdekat saja dengan kota Banjarmasin yang akan diberikan penjelasan. Berikut Objek Wisata yang dapat anda kunjungi selama berada di Banjarmasin dalam rangka RAKERNAS PATELKI VIII dan Ulang Tahun PATELKI Ke-25 :

1.    Masjid Sultan Suriansyah
Mesjid ini merupakan salah satu mesjid tertua di kalimantan selatan. Dibangun saat bertahta Sultan Suriansyah, yang merupakan kesultanan Banjar. Mesjid ini terletak di sungai kuin tidak jauh dengan pasar terapung. Mesjid ini masuk dalam cagar budaya yang dilestarikan oleh pemerintah.

2.    Pasar Terapung Kuin Banjarmasin dan Lok Baintan Martapura
Anda yang sering menonton televisi RCTI, tidak akan pernah lupa dengan iklan RCTI Oke seorang nenek yang duduk diatas sampan kecil/jukung sambil acungkan jempol, itulah pasar terapung. Pasar terapung ini merupakan pasar tradisional yang berada di Kelurahan Kuin Utara di alur sungai Barito dan juga pasar terapung di Lok Baintan Martapura Kabupaten Banjar. Pasar setiap hari dimulai sejak jam 04.30 WITA sampai jam 07.30 WITA. Yang paling unik, bahwa pasar ini merupakan kumpulan dari berpuluh-puluh jukung yang merapat satu sama lain sehingga apabila dilihat dari atas terlihat seperti daratan dengan lampu-lampu. Barang dagangan yang dijual berupa : kebutuhan pokok sehari-hari, sayuran, jajanan kue basah dan minuman.
Bagi anda yang berminat dapat berkunjung dan menikmati naik jukung sambil berfoto-foto, makan jajanan khas Banjarmasin, minum dan dapat berjalan dari satu jukung ke jukung yang lain seperti berjalan diatas dataran yang bergoyang.

3.    Jembatan Barito dan Pulau Bakut
Jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di pulau Kalimantan. Jembatan Barito dibangun untuk menghubungkan propinsi Kalimantan Selatan dengan propinsi Kalimantan Tengah dan menjadi lintas trans Kalimantan. Jarak tempuh menuju Jembatan Barito sekitar 20 Km dari Kota Banjarmasin. Jembatan ini berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala, dengan panjang jembatan sekitar 2 Km. Jembatan barito ditopang 4 beton tiang, memiliki panjang 1.082 meter yang merupakan jembatan terpanjang nomor 5 di Indonesia.


4.    Bekantan di Pulau Kembang
Tidak lengkap rasanya apabila berada di Kalimantan Selatan bila tidak berwisata ke Pulau Kembang Kabupaten Barito Kuala yang dihuni oleh sekelompok binatang sejenis kera/monyet yang dinamakan Bekantan (Nasalis larvatus). Bekantan salah satu binatang langka yang dilindungi oleh pemerintah, tubuh seperti monyet, namun memiliki hidung yang mancung, kulit abu-abu dengan bulu coklat.

5.    Toko Souvenir Batu Permata di Kota Intan Martapura
Kota Martapura terkenal sebagai kota penghasil Intan/berlian kualitas dunia, letak kota ini sekitar 40 Km dari Kota Banjarmasin. Selain itu kota ini terkenal juga sebagai kota religius oleh sebab itu tidak heran mendapat julukan kota “Serambi Mekkah” Kalimantan Selatan.
Anda dapat berbelanja souvenir mulai dari batu-batu permata seperti : cincin, liontin dalam bentuk Intan/berlian, jamrud, yakut, safir, aquamarine, merah siam, akik, alexandri hingga batu kecubung yang merupakan batu khas Kalimantan. Selain itu juga hasil kerajinan khas anyaman rotan, tikar purun, lupu, mandau, telabang, hiasan arguci, batu aji hingga mutiara air tawar. Tersedia juga kain khas daerah “kain sasirangan” dan kain songket, baju kaos motif dayak kalimantan, dan kain hiasan dinding. Namun dapat juga ditemukan jajanan tradisional kota martapura khas banjar.

6.    Pendulangan Intan di Kecamatan Karang Intan Martapura
Martapura merupakan kota dengan julukan “ Kota Intan” karena merupakan penghasil intan terbaik kualitas dunia. Proses pencarian intan dilakukan dengan cara tradisional menggunakan peralatan yang sederhana oleh para pendulang intan. Objek Wisata tempat pendulangan intan di Kecamatan Karang Intan Martapura kabupaten Banjar berjarak sekitar 40 km dari kota Banjarmasin. Intan yang didapatkan kemudian di gosok/dibentuk menjadi berlian yang bernilai jual tinggi. Rasanya tidak lengkap ke Kalimantan Selatan apabila tidak melihat secara langsung proses pendulangan intan ini.

1 komentar:

adoel mengatakan...

hmm... ada tour guidenya gak ya... Pengen banget ke semua tempat itu :)